Inilah Sukabumi

Inilah Sukabumi
Danau Situgunung, Kadudampit, Sukabumi.

Jumat, 11 Januari 2013

Asal Mula Sukabumi (3-selesai)

Jalan Capitol Soekaboemi tempo doeloe
Golok sudah terayun siap memenggal leher Pundak Arum.

Maut hanya beberapa inci siap menjemput. Para penonton menahan nafas. Tiba tiba sebuah terjangan membuat golok terpental, melayang di udara, berkilau disinar sang Surya. Wangsa Suta berdiri megah. Rambutnya melambai lambai diterpa angin. Tangan kirinya memegang Pundak Arum. Para pengawal terkesima sesaat. Namun segera mereka kembali bersiap.

Dengan lirih, Wangsa Suta berbisik lirih kepada Pundak Arum. Tunggulah aku di Gunung Parang, di bawah pohon paku berdahan lima dan condong ke selatan. Setelah itu duel seru terjadi. Wangsa Suta bergeming. Hari itu dia menunjukkan kedigdayaannya. Sang pendekar melangkah pergi dengan kepala tegak penuh kemenangan. Hatinya dipenuhi bunga, ingin segera bertemu dengan pujaan hati. Langkahnya dipercepat.

Gunung Parang, pohon paku berdahan lima, condong ke selatan. Namun Nyai Pundak Arum tak ada di sana. Wangsa Suta memanggil manggil. Hanya angin yang berdesau menjawab. Wangsa Suta terduduk lemas. Dia mengerti sesuatu telah terjadi.

Akhirnya dia menemui Sang Guru Resi Saradea. Sang resi arif berkata: Wangsa Suta, kamu tidak berjodoh di jaman ini, tapi mungkin di lain jaman. Tunggulah. Kelak bila Gunung Parang telah berkembang, maka akan lahir seorang wanita titisan Pundak Arum. Dia akan menjadi pembela kaum perempuan yang teraniaya. Bila wanita itu telah lahir, maka itulah jodohmu.

Dari hari itu, Wangsa Suta tidak pernah meninggalkan Gunung Parang. Dia setia menunggu titisan Pundak Arum. Sebagaimana visi Saradea, Gunung Parang memang terus berkembang dari masa ke masa. Jadi kalau 200 tahun kemudian, tahun 1815 de Wilde dianggap mendirikan Sukabumi, sesungguhnya bule ini hanya melanjutkan apa yang telah dirintis Wangsa Suta sekitar tahun 1600an.

Kemana sebenarnya Pundak Arum. Pundak Arum ternyata tertangkap dinas rahasia Kademangan. Dengan dibungkus karung, tubuhnya di bawa ke kepulauan Seribu, tepatnya pulau Putri. Dia menjadi tahanan pulau sampai ajal menjemput.

Di hari ini, siapa yang masih mengenal Wangsa Suta. Siapa yang tahu Gunung Parang adalah kilometer 0 kota Sukabumi. Ah, kita memang amnesia kalau menyangkut sejarah. Tidak heran kalau kita juga galau dengan jati diri kita.

(selesai)

12 komentar:

  1. Ajiibbb Pisan kang Esa.. Reueus, aya nu mulasara oge ngangkat sejarah Sukabumi.. Hatur nuhun. #soekaboemiheritage

    BalasHapus
  2. sami sami, wilujeng oge ka komunitas soekaboemiheritage, mugi rahayu salawasna.

    BalasHapus
  3. Nyukcruk galur...... insyaaLlah jaga na uga urang siap ngajarkeun barudak2 urang sunda nu tetep siwi siweu silih asih asuh asah kangge kado salaka domas nu kiwari , ridho Allah nu jd cukang lantaran na ridho na ibu rama urang ..... tetep bagja.... kasenangan nu nenang keun ....... salam ka sadayana aslmkm..wr..wb

    BalasHapus
  4. ijin kang, buat bahan di blog saya boleh?

    BalasHapus
  5. Izin oge kang, bade copy paste. kangge kana pesbuk...meh barudak ABG arapal sajarah kota urang Sukabumi...

    BalasHapus
  6. Widi kanggo share kang Esa Nugraha Putra

    BalasHapus
  7. Mangga kang Andirahman sareng Kang Aries Munandar.

    BalasHapus
  8. Kisah sejarah kota yang luar biasa bagus sekali untuk menambah pengetahuan, namun kalau bisa disertakan juga sumber datanya Pak agar bisa dijadikan rujukan.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...