Inilah Sukabumi

Inilah Sukabumi
Danau Situgunung, Kadudampit, Sukabumi.

Sabtu, 14 Oktober 2017

Kebun Raya Bogor 2 abad 1817 - 2017.

Foto Esa Nugraha Putra.
Bunga Teratai Raksasa, salah satu koleksi Kebun Raya.
Pada tahun 18 Mei 1817, Gubernur Jenderal Godert Alexander Gerard Philip van der Capellen secara resmi mendirikan Kebun Raya Bogor dengan nama ’s Lands Plantentuin te Buitenzorg. Pendiriannya dipimpin oleh Prof. Caspar Georg Karl Reinwardt, seorang berkebangsaan Jerman yang berpindah ke Belanda dan menjadi ilmuwan botani dan kimia. Ia lalu diangkat menjadi menteri bidang pertanian, seni, dan ilmu pengetahuan di Jawa dan sekitarnya.

Foto Esa Nugraha Putra.

Foto Esa Nugraha Putra.
 Istana Bogor dilihat dari Kebun Raya.

Ia tertarik menyelidiki berbagai tanaman yang digunakan untuk pengobatan. Ia memutuskan untuk mengumpulkan semua tanaman ini di sebuah kebun botani di Kota Bogor, yang saat itu disebut Buitenzorg (dari bahasa Belanda yang berarti "tidak perlu khawatir"). Nyuplik dari Wiki-lah 
Foto Esa Nugraha Putra.
BTW, Ini destinasi wisata yang rekomended (banget) bagi keluarga, penyuka jalan kaki, sepeda, hobi botani atau hutan, dan sejarah kota. Mempunyai koleksi pepohonan lengkap, danau, jalan jalan mulus, lapang rumput yang luas, toilet dan bangku taman yang bersih dan cukup banyak, mesjid, dan yang penting semua elemen terawat sempurna. Tiket Rp. 15.000,-/orang (harga heran kalau menimbang apa yang kita dapat dari lokasi ini).

Salah satu spot yang wajib dikunjungi adalah Istana Bogor yang letaknya tidak jauh dari pintu 1 (utama). Temukan juga pohon-pohon raksasa. Kalau lagi beruntung mungkin bunga bangkai lagi mekar.

Foto Esa Nugraha Putra.

Kalau mau ke sana, sebaiknya gunakan sepatu olah raga dan bekal minuman botol yang cukup. Dua jam keliling area (87 Ha) tidak akan terasa, namun cukup menguras stamina.

Foto Esa Nugraha Putra.
Jalan jalan yang terawat di Kebun Raya menambah betah mengelilingi kawasan ini.

Kalau anda tinggal di Sukabumi, bagaimana cara paling nyaman sampai ke Kebun Raya?

Foto Esa Nugraha Putra.

Foto Esa Nugraha Putra.
Ini adalah pasar di depan pintu masuk utama Kebun Raya. Berbentuk gerbang China.

Foto Esa Nugraha Putra.
Pintu Utama Kebun Raya.
Naah, bagi yang belum mencicipi kereta Bogor - Sukabumi, silakan untuk mencoba. Kalau anda berangkat dari Sukabumi, mungkin urusannya gampang karena hanya ada satu stasiun, stasiun Sukabumi. Lain lagi kalau berangkat dari Bogor. Karena ada dua stasiun, yaitu Bogorpaledang, dan Bogor. Dua stasiun ini terpisah.
Foto Esa Nugraha Putra.
Bangunan bersejarah di samping Kebun Raya. Kota Bogor memiliki banyak bangunan tua bersejarah.



Foto Esa Nugraha Putra.
Stasiun Bogorpaledang inilah yang melayani rute Bogor - Sukabumi. Letak stasiunnya agak tersembunyi. Sehingga orang yang baru pertama datang mungkin ragu-ragu apakah benar ini stasiunnya? Ditambah lagi tidak tersedia lahan parkir untuk roda empat (swer, ini benar). Sehingga kalau kebetulan anda diantar menggunakan mobil, musti jalan lagi sekitar 100m ke stasiun.

Satu lagi. Walau ini stasiun kecil, tetapi sangat padat dan sibuk. Sebaiknya membeli tiket sehari atau dua hari sebelum berangkat (onlen) karena kalau beli langsung di stasiun kemungkinan tiket sudah terjual habis. Apalagi kalau wiken. Kereta menjadi favorit karena jalur jalan raya Bogor - Sukabumi bisa memakan waktu hingga 7 jam (alamak). Sementara dengan kereta cukup dua jam dengan presisi waktu yang sangat baik.

Foto Esa Nugraha Putra.

Jadwal Kereta Api Pangrango rute Bogor Sukabumi 07.50, 13.10 dan 18.30. Sedangkan Jadwal rute Sukabumi Bogor : 05.15, 10.25, 15.45.

Foto Esa Nugraha Putra.
Pohon Randu raksasa. Bandingkan dengan orang yang berdiri di bawahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...